Film Inpirasi Seorang Guru - Taare Zameen Par (Like Stars On Earth)


Jempole Lovers � Dunia Bollywood kebanyakan berisi film - film yang identik dengan gaya khasnya yaitu bernyanyi dan menari. Tak heran, jika sebagian ada beberapa orang berpikir bahwa film-film India itu tidak menarik. Namun tidak dengan  film yang ini, film yang satu ini wajib untuk ditonton oleh keluarga dan  semua kalangan. Diarahkan dan diproduksi oleh sang aktor India tampan, Aamir Khan, film ini menceritakan tentang hubungan antara anak dengan orang tua.

Berawal dari anak laki-laki di kelas 3 yang bernama Ishaan Awasthi (Darsheel Safary). Ishaan, demikian namanya ia biasanya dipanggil, selalu saja mendapat nilai buruk dalam mengerjakan setiap mata pelajaran. Dia tidak pernah bisa mengerjakan soal apa yang diberikan oleh gurunya. Semua para guru mengira dia anak yang bodoh. Oleh karena itu, Ishaan sering terlihat bolos sekolah. Sejak itu mulailah ia dicap sebagai anak yang nakal, malas, dan bodoh. Sifatnya Ishaan berbeda sekali dengan saudaranya, Yohan Awasthi (Sachet Engineer) yang selalu saja mendapat peringkat nilai terbaik dalam mengerjakan segala hal. 

Sehingga ayah Ishaan itu, Nandkishore Awasthi (Vipin Sharma), selalu saja cenderung membandingkan dirinya dengan saudaranya Ishaan, itulah yang membuatnya lebih terpuruk. Namun tidak dengan ibunya, Maya Awasthi (Tisca Chopra) ia justru mencintainya dengan tulus dan sepenuh hati. Akan tetapi di balik kekurangan ini, Ishaan ternyata memiliki bakat yang lebih yaitu dalam seni menggambar. Dia selalu melihat dunia dengan imajinasinya.

Hingga Sampai pada suatu hari, karena nilainya selalu mendapatkan nilai buruk, Ishaan kemudian dipindahkan ke sekolah asrama. Namun Ishaan yang mengaku menolak untuk dipindahkan, tapi kemauanya itu diabaikan oleh ayahnya. Dan Ayah Ishaan tetap besikukuh akhirnya menegaskan keputusannya. Semenjak itu Ishaan merasa ditinggalkan oleh para keluarganya. 

Ditambah lagi ia masih mendapat nilai - nilai buruk dalam setiap mata pelajarannya yang ia kerjakan. Hal ini membuat Ishaan bahkan lebih menjadi frustasi. Hingga Sampainya pada suatu hari, datanglah seorang guru seni baru yang bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan). Ram mengajari para siswanya dengan cara yang menyenangkan dan menggunakan metode gaya yang menarik untuk mendekati para siswanya. Namun di lain itu semangat belajar Ishaan dengan guru, Ishaan tetap saja anak yang terlihat murung.

Karena Sifat yang tertutup Ishaan inilah membuat guru baru itu mencari informasi lebih tentang mengenainya. Melalui informasi dari teman Ishaan bernama Rajan (Tanay Chheda), guru akhirnya tahu apa penyebabnya,bahwa Ishaan selama ini mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Ketika melihat dari tulisan tangan Ishaan, guru juga tahu masalah apa yang dialami oleh Ishaan. Ternyata Ishaan adalah salah satu anak disleksia, yaitu gangguan terhadap belajar, di mana anak itu tidak bisa membedakan huruf, dan inilah yang mengakibatkan anak-anak kebingungan ketika sedang dalam membaca atau menulis).

Kemudian Ram Shankar juga bertemu dengan orang tua Ishaan dikediamanya dan lalu memberitahukan masalah apa yang dialami Ishaan. Ketika ia masih berada di rumah Ishaan, guru juga tahu bahwa Ishaan seorang anak yang memiliki bakat menggambar yang sangat luar biasa. Dalam gambarnya itu, ia mampu untuk mencampur dan mencocokkan beragam warna dengan baik dan membuat seolah-olah gambar itu terlihat hidup. Dari sinilah, gurunya bertekad untuk membantu Ishaan agar dapat mengatasi dari masalah tersebut.


Film ini terinspirasi oleh tentang bagaimana cara guru harus mengajar dan mendekati siswanya. Selain itu, dalam film ini juga mengajarkan bagaimana seharusnya sifat dari orang tua dalam cara mendidik dan mengembangkan bakat anaknya. Dan yang paling terpenting, tidak pernah untuk merendahkan kemampuan anaknya yang ternyata juga bisa memiliki keuntungan atau bakat yang luar biasa. Seperti bintang di bumi (Like Stars On Earth) (end).
Baca Juga :

Popularitas Exo Melesat Tapi Anggotanya Rentan Mengundurkan Diri
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==