Hasil Survei Popularitas Capres setelah Debat, Lihat Selisih Angka Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi



TRIBUNWOW.COM - Politicawave merilis hasil survei terbaru popularitas capres di media sosial pasca debat Pilpres 2019 kedua, Minggu (17/2/2019).

Dilansir TribunWow.com, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih belum bisa menyalip Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Melalui laman resminya, Politicawave menyajikan sejumlah survei setelah debat berlangsung.

Di antaranya 'Trend of Awarness', 'Candidate Electability', 'Share of Awarness', 'Share of Citizen' dan 'Sentiment'.

Elektabilitas Kandidat

Dalam kategori elektabilitas, pasangan 01 masih mengungguli 02.

Di kategori ini, ditampilkan posisi kandidat dalam sentiment index (Pendapat atau perasaan dari konsumen yang dinyatakan di media sosial), EMSS (Earned Media Share of Voice by Sentiment, diukur dalam konteks kategori suatu produk).

Kemudian 'unique user' (Jumlah orang yang mempercakapkan tentang brand di media sosial, tetapi bukan jumlah percakapannya), dan Buzz (Buzz adalah percakapan yang terjadi atas suatu brand di media sosial).

Kandidat dapat dikatakan baik apabila memiliki sentimen index yang lebih besar daripada kandidat lain.

Prabowo-Sandi

Net Sentiment: 613.405

EMSS: 56

Unique User: 137.423

Buzz: 1.023.087

Jokowi-Ma'ruf

Net Sentimen: 677.511

EMSS: 44

Unique User: 198.403

Buzz: 1.286.533

Trend of Awarness



Grafis Politicawave survei elektabilitas kandidat capres Pilpres 2019 pacsa-debat kedua, Minggu (17/2/2019) (Politicawave) (Politicawave)

Dalam kategori 'Trend of Awareness', Jokowi-Ma'ruf juga lebih unggul dari Prabowo-Sandi.

Kategori ini menampilkan jumlah Buzz pasangan calon selama seminggu terakhir, mulai dari 11-17 Ferbruari 2019.

01 mendapat angka 355.104.

Sedangkan paslon 02 mendapat angka 325.133.

Share of Awarness

Sementara itu, dalam 'Share of Awareness', Jokowi-Ma'ruf unggul 55,7 persen (1.286.533).

Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 44,3 persen (1.023.087).

Dalam kategori itu, ditampilkan persentase Buzz kandidat.

Share of Citizen

Selanjutnya, dalam kategori 'Share of Citizen', Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan 59,1 persen (198.403).

Sementara Prabowo-Sandi mendapat 40,9 persen (137.423).

Dalam ketegori tersebut, ditampilkan semua 'unique user'.

Sentiment

Terkahir, dalam hal sentimen, Jokowi-Ma'ruf memiliki angka 676.614 untuk sentimen positif, dan 304.511 untuk sentimen negatif.

Sementara Prabowo-Sandi mendapat sentimen positif 470.947, dan 204.841 sentimen negatif.

Dalam surveinya, Politicawave mengumpulkan data secara realtime dari berbagai media sosial baik Facebook, Twitter, blog portal berita.

Secara total, jutaan percakapan yang terjadi setiap hari direkam, dan dirangkum menjadi grafik-grafik visual yang mudah dipahami dan ditindaklanjuti.

Grafis Politicawave sentimen kandidat capres Pilpres 2019 pacsa-debat kedua, Minggu (17/2/2019) (Politicawave)

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, debat kedua dimoderatori oleh presenter Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro, dan membahas soal insfrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, Minggu (17/2/2019)/



Diketahui, debat yang terselenggara di Hotel Sultan, Jakarta tersebut akan berlangsung dalam 6 segmen.

Debat dibagi menjadi 6 segmen, yang pertama capres akan menyampaikan visi-misi.

Segmen kedua berupa pendalaman visi dan misi dengan tema infratsruktur, energi, dan pangan.

Segmen ketiga yaitu pendalaman visi-misi capres berkaitan dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Sementara segmen keempat merupakan debat eksploratif.

Segmen kelima merupakan debat inspiratif.

Serta segmen terakhir merupakan pernyataan pamungkas.

Tonton tayangan debat capres dalam video di bawah ini.


baca sumber

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==